Header Ads

Jeff Bezos Ingin Dirikan Kawasan Industri di Bulan

BATAK ISLAM ONLINE -- Jeff Bezos memiliki rencana besar terkait Bulan. Dengan usaha keras, satelit bisa dijadikan platform untuk mengembangkan industri luar angkasa.

Idealnya, rencana ini direalisasikan dengan bantuan badan luar angkasa seperti NASA, ESA dan organisasi lain. Namun, tampaknya Blue Origin, perusahaan eksplorasi luar angkasa milik Bezos, siap untuk membangun industri luar angkasa sendiri.

Dalam Space Development Conference yang diadakan di Los Angeles, Bezos membahas tentang rencananya untuk menjadikan Bulan sebagai pusat industri berat. Menurutnya, hal ini akan membantu kita untuk menghemat sumber daya di Bumi, lapor TechCrunch.

"Di masa depan yang tidak terlalu jauh -- saya membahas sekitar puluhan tahun, mungkin 100 tahun lagi," kata Bezos.

"Kita bisa melakukan hal-hal yang bisa kita lakukan di Bumi di luar angkasa dengan lebih mudah, karena kita punya energi dalam jumlah besar. Kita harus meninggalkan planet ini. Karena kita harus meninggalkannya dan ini akan membuat planet Bumi menjadi lebih baik."

Memang, tetap ada banyak material yang harus diambil di Bumi karena tidak tersedia di Bulan. Namun, Bezos percaya bahwa melakukan manufaktur di Bulan adalah hal yang sangat masuk akal.

Di Bulan, terdapat sinar matahari sepanjang hari yang bisa digunakan untuk pembangkit listrik tenaga surya, juga terdapat air yang tersimpan di bawah permukaan Bulan serta bebatuan. "Seolah-olah ada seseorang yang sudah mengatur semua ini untuk kita," katanya.

Bezos telah mengajukan proposal kerja sama antara Blue Origin dan NASA untuk membuat tempat pendaratan di Bulan untuk menguji kemungkinan melakukan manufaktur dan membuat tempat tinggal di Bulan. Tempat pendaratan ini akan dapat mengirimkan muatan seberat lima ton ke permukaan Bulan.

Sayangnya, saat ini, semua rencana Bezos masih bersifat spekulatif. Sekarang, roket Blue Origin juga baru hanya bisa melakukan penerbangan suborbital. (sumber)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.