Header Ads

Kiprah Yayasan Hajjah Rachmah Nasution dalam Dunia Pendidikan di Indonesia

BATAK ISLAM ONLINE -- Perguruan Al Azhar didirikan sebagai salah satu upaya Yayasan Hajjah Rachmah Nasution dalam mewujudkan visi dan misinya dalam bidang sosial, pendidikan dan keagamaan. Berdirinya Yayasan Hajjah Rachmah Nasution tidak terlepas dari rasa syukur keluarga besar H Abdul Manan Muis atas keberhasilan operasi jantung (Open Heart Surgery) ibu Hajjah Rachmah Nasution. Sebagai wujud dari rasa syukur itu, keluarga besar berniat mendirikan sebuah masjid yang diberi nama Masjid Ar-Rahman yang berlokasi di tanah keluarga di Jalan Pintu Air IV Kuala Bekala, Padang Bulan Medan.

BADAN HUKUM
Yayasan Hajjah Rachmah Nasution didirikan tanggal 24 Januari 1983 dengan Akte Notaris Raskami Sembiring SH No 39 dan diubah dengan Akte Notaris Suprayitno SH No 11 tanggal 03 April 2012.

NAMA LEMBAGA
Pada tanggal 16 Juli 1983 Yayasan Hajjah Rachmah Nasution mendirikan Perguruan Al-Azhar yang menyelenggarakan jenjang pendidikan pra sekolah, dasar dan menengah. Sedangkan Universitas Al-Azhar yang dibuka tanggal 27 Desember 1986 menyelenggarakan pendidikan tinggi. Nama Al-Azhar merupakan usulan dari seorang tokoh pengusaha Bapak Abdul Hakim Nasution (abang kandung Ibu Hajjah Rachmah Nasution) sebagai pengganti nama Perguruan Indra Utama. Maksud pendirian Perguruan/Universitas Al-Azhar adalah sebagai wadah untuk mendukung program pemerintah mendidik generasi penerus guna mencapai kualitas Insan Kamil.

VISI & MISI
Perguruan Al-Azhar mempunyai visi:
Melahirkan intelektual muslim dan muslim intelektual.

Sedangkan misinya:
Melaksanakan pendidikan dengan dua muatan dan satu ciri khas.
Pertama, bermuatan iman dan taqwa di qalbunya. Dan kedua, bermuatan ilmu dan teknologi dalam akal pikirannya.
Satu ciri khas adalah berakhlakul karimah dalam mengamalkan hablum minallah dan hablum minannas. (sumber)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.