Header Ads

Ketika #Suluk Dijadikan Destinasi Wisata Spiritual

ilustrasi
BATAK ISLAM ONLINE -- Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut 3 Firdaus-Rusli Effendi melaksanakan kampanye dialogis di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Kamis (22/3). Di sana pasangan yang didukung koalisi Partai Demokrat dan PPP itu menyempatkan diri untuk bertemu para mursyid dan tuan guru di Ujungbatu.

Tidak hanya melaksanakan kampanye dialogis, Firdaus-Rusli memanfaatkan momentum tersebut untuk bersilaturahmi dan memperpanjang rasa persaudaraan sekaligus memohon doa restu dan dukungan dari para alim ulama. Bagaikan jati diri, Rokan Hulu yang telah 17 tahun berdiri ini dikenal dengan sebutan Negeri Seribu Suluk.

Ikon agamis telah dilekatkan para pendiri kabupaten dan tokoh masyarakat di daerah yang terbelah oleh Sungai Rokan bagian hulu ini sejak dahulu. Daerah yang berbatasan langsung dengan Sumatera Barat ini sangat sarat dengan simbol-simbol agamis dan penanaman nilai-nilai Islam bagi masyarakatnya.

Makanya tidak salah kalau di pusat pemerintahannya terdapat masjid besar yang dikenal dengan nama Masjid Agung Pasirpengaraian. Hal itulah yang menjadi daya tarik bagi paslon nomor urut 3 itu untuk mengagendakan silaturahmi bersama masyarakat dan para tokoh agama.

Pertemuan yang berlang­sung sekitar 2 jam itu turut didampingi oleh Ketua Tim Koalisi Pemenangan Dr Chaidir dan Wakil Ketua Dr Koko Iskandar. Cagubri Firdaus merasa bangga dapat bersilaturrahim dengan para tokoh guru suluk. Saat itu dirinya merasa perjumpaan dengan para mursyid itu bagai berjumpa dengan guru dan sahabat sendiri.

Hal itu diungkapkan Firdaus di sela-sela silaturahmi berlangsung. ”Saya senang dapat bersilaturrahim dengan tuan-tuan guru, buya dan ulama di sini. Karena bagi saya ini bagaikan bersua dengan guru sendiri karena saya juga sudah lama ikut sebagai jamaah di persulukan,” ungkap Firdaus di hadapan sekitar 140 ulama suluk tariqat Naqsabandiyah yang berhadir di Aula Hotel Netra, Ujungbatu.

Sementara itu, calon Wakil Gubernur Riau H Rusli Effendi MSi menyampaikan programnya untuk mengembangkan dan menjadikan tradisi suluk ini sebagai ikon wisata di Riau. Menurut dia, bukan tidak mungkin suluk ini akan menjadi wisata dakwah dan wisata spiritual bagi masyarakat dalam mengembangkan syiar Islam.

 Kedatangan pasangan yang sebagian menyebut dengan nama pasangan Firli (Firdaus-Rusli) ini juga menjadi sebuah kehormatan bagi para ulama suluk yang hadir. Para ulama juga bangga karena paslon yang datang adalah paslon yang seakan menjadi keterwakilan birokrat Islam Melayu di Ne­geri Lancang Kuning.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Tarikat Naqsabandiyah Kabupaten Rokan Hulu Tengku Mudo Ade Irwan Hudayana yang juga membawahi 141 surau suluk yang ada di Rokan Hulu. “Alhamdulillah dan terima kasih atas kedatangan Pak Firdaus dan Pak Rusli. Kami sangat siap untuk mendukung karena beliau juga jamaah tarikat Naqsabandiyah. Selain itu juga karena sosok beliau berdua ini sangat santun dan berpengalaman,”tuturnya.

Tengku Mudo me­nam­bahkan akan mengajak jamaah serta keluarga persulukan yang ada untuk mendukung Firli saat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau pada 27 Juni mendatang. Bahkan semua jamaah dan keluarganya akan diajak untuk memilih nomor 3. “Lebih dari 20 ribu anggota akan kami ajak, belum lagi anak istrinya,” tambahnya.

Selain melaksanakan silaturahmi bersama para mursyid, rombongan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut 3 ini juga melaksanakan serangkaian kegiatan dialogis bersama warga di Tandun dan membuat turnamen sepakbola se-Kecamatan Tandun. Warga tampak antusias dengan kehadiran Firdaus-Rusli saat itu. (sumber)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.